Tips Menghadapi Presentasi Dadakan

Presentasi Dadakan? Kenapa Tidak?

Saya seringkali mendapat tekanan seperti itu. Materi belum
siap, anggota kelompok banyak yang belum hadir, dan
masalah-masalah lain yang menghalangi. Kalau kepepet,
banyak yang ogah-ogahan melakukan presentasi, misalnya
presentasi tugas dengan mendadak. Padahal, yang berani
presentasi biasanya akan dapat nilai lebih di mata dosen/guru.

Karena itu, kalau buat saya sih, kenapa enggak?

Continue reading

Deutsche Uber Alles [1]

 

Akhirnya, setelah penantian sekian lama, akhirnya generasi emas Timnas Sepakbola Jerman berhasil merebut trofi paling prestisius bagi pesepakbola, Piala Dunia!!!

Yang jelas, mereka memang pantas mendapatkannya. Denger2, setelah kerja keras mengembangkan sepakbola semenjak tragedi euro 2000, DFB (PSSI-nya Jerman) menggenjot pusat-pusat penggodokan talenta-talenta muda di seluruh Jerman. Kompetisi usia muda digalakkan, hingga beberapa tahun kemudian talenta-talenta baru mulai terasah.

Saya mengikuti Timnas Jerman sejak penyelenggaraan Piala Dunia 2002 Korsel-Jepang. Tahun2 sebelumnya? Bisa saya pastikan saya lagi tidur, hehe. Perbedaan jam tayang sehingga disini disiarkan larut malam membuat saya tak terlalu antusias mengikuti penyelenggaraan sepakbola diluar indonesia.

Sebelumnya, saya juga tak terlalu suka bola, cuma memang kehidupan saya dekat sekali dengan bola. Ayah saya (dulunya) atlit, pada masa mudanya juga berkali-kali jadi wasit dan komentator lapangan. Saat perutnya membuncit bapak mengajar olahraga di sekolah terdahulu (bapak saya guru SD) hingga akhirnya menjauh dari olahraga semenjak jadi kepala SD di tempat lain.

Kesukaan orang2 disekitar saya terhadap olahraga, terutama bola dan tinju bikin saya tergoda juga. Sebelumnya saya sudah lama mengikuti Ligina saat itu, saya juga ingat masih punya kaos Gelora Dewata (Gede) yang berbasis di Bali hingga seingat saya akhirnya kini dilebur menjadi Delta Putra Sidoarjo (Deltras).

Piala Dunia 2002 yang diadakan di Asia disiarkan siang-sore hari. Waktu yang ideal buat anak kelas 5 SD menonton bola tanpa musti merem melek kaya orang kelilipan.

Dan saat itu, bagi saya yang paling eye-catching ya penampilan ciamik dari Oliver Kahn. Wajah khas orang teuton dengan tatapan mengintimidasi lawannya bikin terkesima. Saya mengikuti terus kiprah timnas jerman yang dikapteni idola saya itu. Dan sudah pasti, saat ditanya bapak saya siapa yang bakal jadi juara, there’s no other option: Germany!

Hingga saat tiba final yang bikin hati remuk redam saat itu. Ronaldo si rambut kuncung bikin 2 gol ke gawang King Kahn. Damn!!!

Pada akhirnya Oliver Kahn jadi pemain terbaik di turnamen itu, meski waktu itu mata saya juga lekat ke kiper2 lain yang sangat menghibur saat itu (setidaknya menurut saya) yaitu Jose Luis Chilavert, yang secara luar biasa aktif bermain kedepan jauh dari gawangnya. Satu lagi honorable mention saya, Rustu Recber. Kiper dengan reflek penyelamatan yang mencengangkan saat itu. Saya yang beberapa waktu lalu iseng cari video aksinya di youtube pun masih saja terkesima dengan cara dia bermain. Tak bisa membayangkan gimana hebatnya si Laba-Laba hitam Lev Yashin kalo kiper yang ‘gak punya nama’ aja kaya om Recber mainnya kaya gitu. Setelah itu, recber langsung direkrut oleh Barcelona.

Satu lagi, mulai saat itu perhatian saya juga tertuju kepada pengadil lapangan, si legenda Pierluigi Collina. Saya juga jadi ngefans sama dia, hahaha

Hello fellas

Hello fellas.. It’s been a while, huh?

Rasanya saya beneran bisa dianggap sudah murtad jadi blogger karena sudah beberapa waktu terakhir gak nyentuh blog kumuh ini. Bukan, bukan karena gak ada materi yang bisa dipake nulis, bukan pula karena males ngeblog.

Banyak yang udah terjadi akhir-akhir ini, sedikit banyak membuat saya terdistraksi dari kesukaan saya buat nulis. Toh buktinya, puisi dan tulisan masih saya hasilkan, cuma belum terpublish saja.

Yang lucu, saya juga sempat kehilangan akun wordpress ini, tak lain dan tak bukan adalah karena passwordnya kelupaan. Yah, mau gimana lagi, saya bukan tipikal orang yang hapal password kombinasi karakter-abjad-angka-spasi dll yang bejibun itu. Saya mengandalkan cookie browser saya, si rubah api buat menjaga saya tetep login di berbagai macam akun saya. Malangnya, waktu saya coba2 install browser turunan si rubah api yang sekuritasnya excellent, yang saya dapati malah semua cache, history dan cookie lenyap. I’m fooled….

Daripada ribet, yaudah rehat dulu aja dari dunia perblogingan. Yah walaupun pada akhirnya dorongan buat nulis tetep ada. Saya akan nulis lagi, tunggu saja.

“Marketingnya Jokowi Payah!”

The Laughing Phoenix

Sebagai pelaku dunia advertising, namanya iklan dan kampanye merek apa aja pasti dlilihatin dan dibahas. Bahkan iklan Mastin sekalipun, walaupun akibatnya jingle sialan itu nempel di kepala (“KABAR GEMBIRA UNTUK KITA SEMUA…KULIT MANGGIS, KINI ADA EKSTRAKNYAAAA….” Aaaaaaaargghhh!!!) Kampanye capres pun tidak luput dari perhatian gw. Dan salah satu yang bikin gemes adalah kampanye capres Jokowi-JK. Kenapa?

Karena menurut gw kampanye Jokowi-JK BERANTAKAN BANGET.

Gw melihat bentuk kampanye Jokowi, entah itu di TV atau media sosial, seperti gak berpola. Hestek aja macem2, gak ada satu yang dominan. Ada #JokowiAdalahKita, ada #SalamDuaJari, #RevolusiMental, #JKW4P, #JokowiDay, dll, dll. Heran, hestek aja gak bisa seragam, harus macem2. Begitu juga dengan organisasi relawan, gak karu2an rasanya. Ada Kawan Jokowi, ada JANGKAR, ada Generasi Optimis, Bara JP, dll, dll.

Website pun acakadul. Ada jokowicenter.com, ada gerakcepat.com, ada faktajokowi.com, dan masih banyak lagi. Dan sampai sekarang gw gak tahu yang mana akun Twitter resmi Jokowi-JK yang harus…

View original post 752 more words

The Power Of Love

PENGABDI DHAMMA

The Power Of Love


Ada kekuatan di dalam KASIH,
Dan orang yang mengasihi adalah orang yang kuat
Karena ia bisa mengalahkan keinginannya untuk mementingkan diri sendiri

Ada kekuatan di dalam SUKACITA,
Dan orang yang memiliki sukacita adalah orang yang kuat
Karena ia tidak pernah terlarut dengan tantangan dan cobaan

Ada kekuatan di dalam DAMAI SEJAHTERA,
Dan orang yang penuh damai sejahtera adalah orang yang kuat
Karena ia tidak pernah tergoyahkan dan tidak mudah diombang-ambingkan

Ada kekuatan di dalam KESABARAN,
Dan orang yang sabar adalah orang yang kuat
Karena ia sanggup menanggung segala sesuatu
Dan ia tidak pernah merasa disakiti

View original post 141 more words