Perjalanan yang sempurna

Ouroboros, sebuah simbol ‘kesempurnaan’

“Perjalanan yang baik itu seperti lingkaran, baik pada saat memulai, baik pula saat mengakhirinya”

Saya lupa punya siapa quote itu. Tapi yang jelas, menarik untuk mencoba mengerti apa maksud kata-kata itu, meski secara gamblang sudah dituliskan disana. First of all, saya tidak setuju dengan quote itu sepenuhnya.


Satu obstacle besar dalam mengerti hal itu adalah kenyataan bahwa tak semua awal itu baik, meski mungkin kebanyakan akan menyebut sesuatu yang baik sebagai harapan awalnya. Pun begitu pula dengan prosesnya, terkadang meski niat awalnya baik dan tujuannya baik, proses yang diambil sedikit melenceng dari definisi ‘baik’ itu. Wajar tentu kalau boleh saya sebut. Karakter unik inilah yang menjadi penggerak hidup kita di dunia, karena pada dasarnya hidup kita ini adalah sebuah perjalanan(yang sepertinya pendek).

Hal ini pernah saya angkat ketika memberi tuntunan ke teman-teman beberapa bulan lalu. Saya memang mencoba mengambil topik yang teramat general ini tentu bukan tanpa alasan. Paling tidak saya ingin memberi penguatan pada mereka yang pernah salah jalan, terlanjur salah jalan dst. Bukankah selama ada waktu bagi kita hidup di dunia, kita bisa menyetel lajur jalannya roda kehidupan kita menuju ke akhir yang baik.?

If you could read this, there’s time and glory to grab!

Advertisements

16 thoughts on “Perjalanan yang sempurna

  1. kunjungan pertama ke blog ini…. salam kenal penta ๐Ÿ™‚

    quotenya menarik โ€œPerjalanan yang baik itu seperti lingkaran, baik pada saat memulai, baik pula saat mengakhirinyaโ€ hemmm tapi kebanyakan malah gak terjadi kayak gitu. quotenya lebih cocok disebut ‘harapan’ kali yaaah ๐Ÿ™‚ siapa siih yg ga mengharapkan apa yg dia mulai secara baik pun memiliki akhir yg baik juga…

    • Salam kenal juga.

      Baru keinget abis ini dipublish, itu quote-nya oscar wilde kl g salah.
      Namanya juga sesuatu yg ideal, harapannya sih seperti itu, nah kita yg ngejalanin cuma bisa berusaha kan biar gak tersesat trus bisa nyampe tujuan yg baik itu? haha

  2. awal belum tentu baik.. akhir pun belum tentu indah.. kadang di awal baik akhir sebaliknya tapi yang terpenting menurut saya adalah indah di akhir..

Silahkan berkomentar...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s