Hari Cinta Puspa dan Satwa

Tahukah anda hari apa kemarin? Ya, hari selasa, kebetulan juga diperingati sebagai tahun baru Hijriah. Namun, kemarin juga diperingati sebagai hari cinta puspa dan satwa. Namun, harus disadari bahwa peringatan ini juga menjadi pengingat betapa kita masih sulit hidup berdampingan dengan alam. Padahal harus diakui, salah satu bentuk eksistensialisme manusia adalah hidup berdampingan, dengan sesamanya dan juga dengan alam.

Masih banyak masalah dan keprihatinan yang sering kita dengar, penebangan liar, pembakaran hutan, rusaknya terumbu karang, perburuan hewan liar dll. Satu yang sempat menjadi buah bibir adalah saat Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengeluarkan peraturan untuk melakukan konservasi terhadap semua monyet yang digunakan dalam atraksi hiburan topeng monyet. Masih bisa diperdebatkan memang, apakah cara ini tepat untuk menangani kedua belah pihak, pemilik dan si monyet.

Kita perlu belajar untuk lebih mencintai alam, dan memberi sumbangsih nyata. Lakukan perubahan kecil, dan biarkan buah perubahan itu menjadi awal dari kehidupan yang lebih baik untuk kita.

Salam

Advertisements

Silahkan berkomentar...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s